fbpx

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

employer arriving for a job interview businessman listen to candidate answers explaining about his t20 6Y4Elv -LPKIA

CV atau Curriculum Vitae dapat dikatakan sebagai tiket untuk dapat masuk ke tahap atau langkah-langkah selanjutnya dalam sebuah rekrutmen di perusahaan atau dunia kerja.

Tidak sedikit yang masih bingung dalam menyusun CV, terutama bagi lulusan baru (fresh graduate). Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  dalam menyusun CV. Yuk simak bersama!

Bagaiamana Menyusun Curriculum Vitae agar menarik HR dan lolos ke tahap interview? Yuk simak 6 Hal Penting Ketika Membuat CV berikut:

1. Perhatikan tata letak informasi (layout)

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

Pastikan menyimpan semua informasi penting yang ingin ditampilkan pada sebelak kiri bagian atas. Kenapa? Karena, setiapa orang termasuk perekrut atau HRD akan membaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

2. Tampilan Foto, formal atau informal?

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

Alahkah baiknya menggunakan foto yang terlihat professional dan menarik. Berikan wajah tersenyumpun tidak masalah, asalkan tidak berlebihan.

3. Detail Informasi Pendidikan dan pengalman

6 Hal Penting Ketika Membuat CV
  1. Bila kalian memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sebaiknya mencantumkan prestasi yang diraih pada pekerjaan terakhir tersebut dibanding menuliskan lingkup kerja yang dilakukan.
  2. Bagi kalian yang masih fresh graduate, dapat mencantumkan nama universitas, prodi/jurusan, Angkatan dan tahun lulus. Tunjukan juka keistimewaan lainnya seperti IPK yang tinggi, cumlaude dan beasiswa yang diperoleh selama kuliah (opsional).
  3. Buat kalian yang aktif di oraginasi wajib buat mencantumkan pengalamannya tersebut seperti jabatan yang strategis serta pencapaian yang di raih melalui organisasi tersebut.

4. Cantumkan keterampilan dengan jujur

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

Kalian dapat menuliskan keterampilan (soft skill) yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar.

Menurut Situation, Task Action, Result (START) method, mendeskripsikan keterampilan dengan jelas dan rinci yang bertujuan untuk menarik perhatian HRD. Terutama pada result yang dihasilkan selama beberapa tahun terakhir, coba deskripsikan keterampilan apa saja yang digunakan untuk result tersebut.

5. Buat CV menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris?

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

Sebenarnya, menggunakan bahsa Indonesia atau Bahasa inggis bukanlah masalah besar. Asalkan tata Bahasa yang digunakan baik, runtut, padat dan jelas.

6. Sesuiakan dengan instansi yang dilamar

6 Hal Penting Ketika Membuat CV

Kalian perlu melakukan riset sederhana terkait tempat kerja yang ingin dilamar. Kalia nperlu mengetahui instansi terkait bergerak di bidang industri kreatif, perushaan strategis, agnesi, atau pemerintahan. Karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana kalian melampirkan foto, inofrmasi pengalaman serta keterampilan. Misalnya saja melamar pada instansi pemeraintahan tertentu maka baiknya menampilkan gaya foto yang terkesan lebih formal disbanding Ketika mendaftar pada startup.

nah bagaimana makin percaya dirikan untuk melamar pekerjaan? yuk perbaiki cv mu dan manfaatkan Bursa Tenaga Kerja LPKIA

sumber : cnnindonesia

Leave a Reply

10 − 4 =