fbpx

Kemahasiswaan

Pembinaan Kemahasiwaan

Strategi pembinaan kemahasiwaan berazaskan pembelajaran dan pendewasaan mahasiswa untuk menciptakan keunggulan dan kemandirian. Dengan meningkatkan berbagai macam dimensi kegiatan-kegiatan mahasiswa berdasarkan minat, kebutuhan, dari komunitas  dan potensi mahasiswa itu sendiri.

 

Dimensi-dimensi Kemahasiswaan :

 

1. Pengembangan organisasi kemahasiswaan 

Mengembangkan dan membina organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), Unit-unit kegiatan dan Hima-hima Jurusan.

Melakukan berbagai pelatihan Kepemimpinan dan pembinaan kerjasama dalam melaksanakan berbagai kegiatan mahasiswa.

 

2. Penalaran keilmuan & keprofesian 

Program dan kegiatan penalaran & keilmuan Kegiatan dapat berbentuk, dengan berbagai kegiatan seperti penelitian kemahasiswaan, diskusi ilmiah & seminar / lokakarya dan penghargaan karya mahasiswa dalam bentuk pameran atau kompetisi.

 

3. Program bakat, minat & kemampuan.

Program kegiatan bakat, minta & kemampuan bertujuan untuk meningkatkan apresiasi terhadap olah raga & seni mahasiswa. dan  membangun suasana akademik yang menyenangkan. Dengan berbagai kegiatan seperti pembinaan unit-unit kegiatan kemahasiswaan, diadakannya pekan olah raga dan kesenian mahasiswa, & mengikuti pertandingan-pertandingan ditingkat lokal, regional dan nasional.

 

4. Keperdulian Sosial & keagamaan

Dengan mengadakan berbagai kegiatan sosial, dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan pelatihan pencegaharan narkoba, HIV & Aids dll, pemasyarakatan kemajuan teknologi ke SMA & SMK, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya. & kegiatan  untuk membantu mengatasi berbagai musibah dan  bencana alam.

 

5. Program Kesejahteraan Kemahasiswaan

Program kesejahteraan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental & kerohanian mahasiswa. Dengan berbagai kegiatan seperti mengadakan kantin mahasiswa, koperasi mahasiswa, politeknik, DKM & kegiatan lain yang sejenis. Dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan membutuhkan.

BPM

BEM

HIMA

UKM

KSM

Badan Perwakilan Mahasiswa

BPM berkedudukan sebagai lembaga mahasiswa tertinggi di LPKIA serta sebagai pelaksana fungsi legislatif dan yudikatif.
Adalah Organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai lembaga legislatif dan yudikatif. Mempunyai hak untuk mensyahkan dan mengawasi pelaksanaan program kegiatan organisasi kemahsiswaan LPKIA. Dalam melaksanakan fungsinya berkoordinasi dengan Pembina Kemahasiswaan. Keanggotaanya merupakan perwakilan dari mahassiwa prodi yang ditunjuk oleh HIMA masing-masing Prodi.

Badan Eksekutif Mahasiswa

BEM merupakan Badan Eksekutif tertinggi, sebagai mandataris BPM.

Organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif tertinggi yang melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan LPKIA yang bersifat lintas prodi. Dapat mewakili organisasi kemahasiswaan LPKIA ke luar kampus. Berkoordinasi dengan Koordinator Pembina Kemahasiswaan.

Himpunan Mahasiswa

Badan Eksekutif tingkat jurusan di lingkungan LPKIA.
Adalah organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif di tingkat program studi. HIMA berada di bawah koordinasi Pembina Kemahasiswaan dalam melaksanakan kegiatan sesuai  Program Studi masing-masing.

Unit Kegiatan Mahasiswa

UKM adalah wadah kegiatan dan kreasi mahasiswa dalam satu bidang peminatan ditingkat institusi.

Orgnasinasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan kemahasiswaan dalam bidang peminatan dan bakat, yang bertanggung jawab kepada BEM. UKMdi lingkungan LPKIA terdiri atas UKM bidang olahraga, kesenian, kesehatan, kerohanian, dll. Untuk pelaksanaan kegiatan dilaksanakan oleh pengurus UKM dan pelatih yang ditunjuk oleh institusi.

Kelompok Studi Mahasiswa

Merupakan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan penalaran dan keilmuan sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari di prodi masing-masing, dalam melaksanakan kegiatanya berada di bawah Ketua Program Studi dan berkoordinasi dengan Pembina Kemahasiswaan masing-masing Prodi.